Rabu, 10 Maret 2010

Takut UN??? Gak usah takut Allah bersama kita!!!

Apa sih yang buat kamu takut sama UN???? Takut gak lulus??? Kalau kamu takut sama UN, gak usah cemas Allah akan membantu kita kok! Allah telah berjanji dalam firman-Nya:
“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”
(Q.S. Al-Insyirah: 5)
Dalam ayat ini Allah menyebutkan kata “sesudah kesulitan itu ada kemudahan” berarti Allah berjanji kepada kita bahwa Allah akan membantu kita dengan memudahkan kita dalam mengerjakan. Tetapi walaupun Allah membantu kita, kita juga harus bersungguh-sungguh dalam belajar dan juga berdoa. Tapi... bagaimana kalau kita sudah belajar sungguh-sungguh tetap saja kita tidak mengerti??? Teruslah belajar walaupun kita tidak mengerti karena jika kita tidak mengerti maka Allah akan memberi kita petunjuk, sebagaimana dalam firman-Nya:
“Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk.”
(Q.S. Adh-Dhuhaa: 7)
Maka dari itu teruslah bersungguh-sungguh dalam belajar meski dengan susah payah untuk kita mengerti, kita akan mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan susah payah kita. Karena keberhasilan itu adanya diakhir tidak mungkin keberhasilan itu adanya diawal, maka sebab itu akhir itu lebih baik daripada awal karena dari awal kita susah payah tetapi pada akhirnya kita mendapatkan yang lebih baik dari usaha kita dengan susah payah. Sebagaimana dalam firman-Nya:
“Dan sesungguhnya akhir itu lebih baik bagimu dari permulaan.”
(Q.S. Adh-Dhuhaa: 4)
Jika kita berhasil maka janganlah kita sombong tetapi sebaliknya kita harus bersyukur kepada Allah karena Allah telah memberikan nikmat kepada kita berupa kita berhasil dalam UN. Firman-Nya:
“Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).”
(Q.S. Adh-Dhuhaa: 11)
Tapi... bagaimana jika tidak berhasil??? Kalau tidak berhasil kita jangan putus asa tetapi seharusnya kita berfikir mengapa kita tidak berhasil??? Apa kita kurang sungguh-sungguh??? Mungkin saja... maka kita harus koreksi diri kita sendiri. Jadi jangan cepat bunuh semangat apalagi sampai bunuh diri karena itu adalah hal yang paling buruk. Bunuh diri juga adalah dosa besar yang dosanya sama seperti syirik yang tidak bisa diampuni. Jangan beranggapan kalau Allah itu tidak adil kepada kita, membenci kita dan Allah meninggalkan kita sebab Allah itu Maha Adil dan Allah juga tidak membenci kita ataupun meninggalkan kita. Dalam firman-Nya:
“Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu,”
(Q.S. Adh-Dhuhaa: 3)
Kita juga tidak perlu cemas jika kita tidak berhasil karena kelak pasti Allah akan memberikan kita keberhasilan sebagaimana firman Allah dalam surah Adh-Dhuhaa ayat 5 yang berbunyi:
“Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu menjadi puas.”
(Q.S. Adh-Dhuhaa: 5)

Ayo tetaplah semangat jangan malas belajar!!!